Kenali Lebih Lanjut Ukiran Dari Mebel Jepara

mebel jepara

Berbicara mengenai ukiran, memang banyak sekali kota-kota yang memproduksi begitu banyak jenis ukiran. Namun, berbeda mengenai ukiran khas Jepara. Jepara yang selama ini dikenal dengan pantainya yang indah yang menyelimuti sepanjang kawasan jepara menjadi penarik orang untuk berkunjung kesana. Akan tetapi, selain hal itu, yang menjadi penarik minat orang untuk kesana adalah untuk melihat langsung produk mebelnya yang sudah dikenal sampai mendunia tersebut. Ada juga orang yang penasaran mengenai bagaimana cara mengukir kayu yang ada di mebel-mebel tersebut. Karena ukiran yang ada di mebel jepara ini mempunyai ciri khas tersendiri dan berbeda disbanding dengan yang lainnya. ukiran dari jepara terbukti banyak penggemarnya. Para penggemar ini berdatangan ada yang berasal dari orang lokal Indonesia sendiri dan ada juga yang berasal dari mancanegara.

Mengenai alasan mereka menyukai ukiran dari produk mebel jepara adalah karena ukirannya selalu diciptakan mengikuti perkembangan yang ada di masyarakat. Jika kita mau melihat lebih teliti lagi, ukiran yang dihasilkan dari pengrajin jepara lebih mempunyai beragam motif yang tentunya menarik dan warnanya lebih terlihat jelas. Seperti contoh, pada ukiran kayu jati terdapat adanya corak yang menyabang dan ada semacam ukiran daun kipas yang menjalar dan terbentuk kecil pada ujungnya. Corak tersebut adalah termasuk corak dasar. Pihak pengrajin pun mempersilahkan para pelanggan untuk mendesain dan berinovasi sendiri sesusai yang ia inginkan.

Apalagi ukiran-ukiran yang dihasilkan mebel jepara selama ini juga berbentuk semacam batik-batik gitu, jadinya lebih memperlihatkan banyaknya keanekaragaman ciri khas yang dimiliki oleh Negara kita Indonesia ini. Selain itu, para pelanggan juga sudah benar-benar cocok dan percaya dengan adanya para pengrajinnya yang memang benar-benar sudah dianggap seniman, ahli dan profesionalitas dalam bidangnya. Karena kita pastinya tahu sendiri, bahan yang diukirnya adalah bahan keras seperti kayu jati dan mahoni tersebut. Maka, tidak semua orang bisa melakukan semacam itu dan anda tentunya berhak memberikan apresiasi yang sangat kepada seluruh pengrajinnya tak terkecuali.

Post Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published.