Mengenali Fase Perkembangan Psikologi Pada Anak Masa Prasekolah

perkembangan-psikologi-pada-anak-masa-prasekolah

Masa prasekolah adalah fase perkembangan anak usia 2 sampai 6 tahun. Pada saat itu seorang anak sudah mulai memiliki kesadaran mengenai dirinya sebagai wanita atau pria dan sudah mengenal sesuatu hal yang berbahaya atau tidak. Pada masa-masa itu sebagai orang tua harus mampu memprioritaskan dan memperhatikan perkembangan dan kebutuhan anak-anak. Karena jika sang orang tua tidak mampu memberikan perhatian kepada anak, hal itu akan membuat perkembangan dan pertumbuhan anak menjadi agak kurang, artinya perkembangan anak tersebut tak akan sebagus dengan perkembangan anak-anak yang mendapat perhatian lebih dari kedua orang tuanya. Perkembangan psikologi pada anak masa prasekolah inilah yang harus sangat diperhatikan karena akan berpengaruh terhadap masa yang akan datang. Selain itu, supaya kepribadian anak baik untuk masa yang akan datang, orang tua wajib mendidik anak dengan sebaik-baiknya, mulai dari mendidik dari segi agama, bahasa, tatakrama, dan sebagainya.

Supaya bisa mengetahui lebih dalam mengenai perkembangan psikologi pada anak masa prasekolah, simaklah penjelasan dibawah berikut ini:

  1. Perkembangan Fisik
    Perkembangan fisik anak adalah salah satu dasar pada perkembangan anak yang selanjutnya. Dengan meningkatnya perkembangan fisik berupa pertumbuhan tubuh seperti berat badan, tinggi serta kekuatannya dapat memungkinkan sang anak untuk bisa lebih mengembangkan keterampilan-keterampilan fisiknya serta mengeksplorasi lingkungannya tanpa atau dengan bantuan kedua orang tuanya. Dalam hal ini sistem syaraf pusat akan memberikan berbagai macam kesiapan kepada sang anak supaya lebih bisa dalam meningkatkan pemahaman serta penguasaan terhadap dirinya.
  2. Perkembangan Emosi
    Di masa perkembangan emosi, anak akan ditandai dengan ledakan amarah, iri hati terhadap suatu hal yang tidak masuk akal, ketakutan, dan sebagainya. Hal itu dikarenakan anak mengalami kelelahan, kelemahan yang diakibatkan lama bermain ataupun tidak bisa melakukan sesuatu yang diinginkannya dengan mudah.
  3. Perkembangan Bahasa
    Perkembangan bahasa pada masa anak prasekolah menurut Clara dan William Stern meliputi pra stadium, kalimat satu kata, masa member nama, masa kalimat tunggal, dan masa majemuk.
  4. Perkembangan Bermain
  5. Perkembangan Kepribadian
    Pada masa ini anak sudah bisa bersikap dan mengalami kesalahan. Jika mengalami kesalahan, anak tersebut bisa merasa bersalah dengan menunjukan sikap diamnya atau nakal.
  6. Perkembangan Moral
    Di masa ini sang anak mempunyai dasar sikap terhadap perkumpulan sosialnya.

Seperti itulah perkembangan psikologi pada masa anak prasekolah yang dapat Anda ketahui lebih jauh. Pentingnya memiliki pengetahuan terhadap perkembangan psikologi anak ini sangatlah penting supaya perkembangan anak dapat Anda dikontrol. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Post Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published.