SOLUSI AGAR MENGGUNAKAN LISTRIK YANG HEMAT ENERGI

Sekarang ini perlengkapan rumah tangga di tiap-tiap tempat tinggal telah tergantung pada pemakaian listrik. Listrik begitu perlu untuk lakukan kegiatan dirumah. Tetapi, dalam pemakaiannya Anda mesti tetaplah waspada bila tidak mau celaka.

Apakah Anda Sempat mengkalkulasi perlengkapan rumah tangga yang memakai listrik dirumah Anda? Banyak perlengkapan rumah tangga yang memakai listrik seperti setrika, rice cooker, tv, radio, lampu dan benda- benda itu memakai aliran listrik agar bisa berperan.

Tentu dengan banyaknya peralatan rumah tangga yang menggunakan listrik membuat pikiran kita pusing akan tagihan listriknya bukan? Nah kamu tidak usah khawatir karena kamu juga bisa mendapatkan Alat listrik hemat energi yang tentunya bisa membantu aktivitas kamu sehari-hari tanpa perlu menambah beban pikiran. Tidak hanya alat listrik dengan hemat energi dalam PT Sewatama juga banyak yang disajikan mulai dari pembangkit listrik daya kecil sampai dengan yang daya besar tentu tetap dengan hemat energi. Berikut cara mudah yang bisa kamu terapkan dalam penggunaan listrik :

A.  Cabut Kabel dan Peralatan Saat Tidak Digunakan

Apakah kamu terbiasa meninggalkan charger ponselmu terhubung ke stop kontak meskipun tidak digunakan?

Jika iya, kamu harus segera menghilangkan kebiasaan buruk ini.

Meskipun tidak digunakan, arus listrik masih tetap mengalir pada kabel-kabel yang masih terhubung dengan stop kontak listrik.

Otomatis listrik yang mengalir itu terbuang sia-sia, kan?

B. Jangan Tinggalkan Alat Elektronik Menyala Ketika Tidur

Aktivitas yang membuat listrik boros berikutnya yaitu kebiasaan meninggalkan alat elektronik menyala atau terpasang ketika tidur.

Contohnya, membiarkan TV menyala sepanjang malam padahal tidak ada yang menontonnya.

Sebaiknya periksalah seluruh alat elektronik sebelum mulai tidur dan pastikan semua dalam keadaan aman dan tak menyala.

Cara ini selain dapat menghemat listrik juga dapat menghindarkan rumahmu dari bahaya kebakaran!

C. Manfaatkan Pohon dan Tanam

Selain cara-cara di atas, salah satu cara menghemat listrik adalah dengan mengoptimalkan fungsi tanaman di sekeliling rumah.

Bukan sekadar hiasan, keberadaan tanaman hijau di sekitar rumah bisa membuat udara di lingkungan rumahmu lebih segar dan iklimnya lebih sejuk.

Kamu pun jadi bisa meminimalisir penggunaan AC dan bahkan mungkin kamu tidak akan memerlukannya sama sekali.

D. Buatlah Ventilasi Udara yang Baik

Cobalah tingkatkan sistem ventilasi udara di rumah!

Penggunaan ventilasi udara yang baik di dalam rumah akan sangat membantu mengalirkan udara segar sehingga kamu tak perlu lagi AC, kipas angin, dan lampu.

Dengan begitu, ventilasi udara dapat mengalirkan cahaya dan udara segar alami yang pengaruhnya dapat membuat pemakaian listrik lebih hemat.

Jadi, cobalah siasati ventilasi udara di rumahmu dengan pemasangan ventilasi alami ataupun ventilasi mekanik.

Post Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published.