Tips Sebelum Mendaki Gunung

Mister Aladin Travel Fair – Bagi kalian yang menyukai aktivitas berwisata yang mengacu adrenalin, tentunya mendaki gunung merupakan suatu aktivitas favorit yang akan di lakukan para pencinta hiking ini. Panorama wisata yang di sajikan oleh gunung gunung di Indonesia tentunya sangat memberikan pesona yang menakjubkan dan sangat memanjakan mata para penikmatnya. Jika sudah berada di puncaknya, kalian dapat memasang tenda dan kemudian berkemah bersama teman-teman tercinta, terlebih lagi kalian akan di perlihatkan panorama sunset maupun sunrise di puncak gunung, sungguh hal itu akan memberikan pengalaman-pengalaman tersendiri bagi yang mengalaminya dan tak akan pernah terlupakan selama hidupnya. Namun mendaki gunung bukanlah persoalan yang mudah, mendaki gunung di perlukan kelengkapan perlengkapan seperti barang pribadi, maupun kelompok dan juga yang paling penting adalah fisik yang kuat serta pikiran yang selalu positif.

Di setiap gunung memiliki keadaan serta medan yang berbeda-beda, maka sebelum mendaki gunung di sarankan untuk terlebih dahulu mempelajari lokasi pendakian, anda dapat mencari informasi gunung tersebut melalui internet, atupun mencari tahu kepada para senior yang telah melakukan pendakian terlebih dahulu di gunung tersebut, hal ini dilakukan supaya anda mengetahui medan yang akan di hadapi seperti apa, dan tingkat kesulitannya seperti apa serta keperluan apa saja yang harus di lengkapi.

Peralatan wajib yang harus di bawa para pendaki gunung biasanya adalah sebuah kompas, senter, peluit, jas hujan, p3k, sleepingbag, tenda, matras jika dibutuhkan, kemudian pisau lipat, alat masak portable, tas carrier, sepatu hiking dan memakai jaket. Dan untuk perbekalan makanan, anda dapat membawa mie instan, beras juga kornet besertakan camilannya yang berupa roti, coklat, biscuit dan air minum guna mengisi tenaga anda saat berada dipertengahan jalan. Selain itu jaga handphone anda baik-baik, lebih baik di masukan ke plastic serta simpan dalam jaket agar tetap hangat dan tidak boros batrai, handphone sangat penting, maka dari berkomunikasilah terlebih dahulu kepada keluarga sebelum mendaki agar dapat memberikan jejak terakhir dan memudahkan timsar jika hal buruk terjadi. Diusahakan jangan sampai ada peralatan yang tertinggal agar nanti tidak menyusahkan saat mendaki gunung.

Hal yang terpenting adalah berdoa lah kepada Tuhan sebelum melakukan pendakian, meminta lah pertolongan untuk di permudah segalanya saat mendaki, juga minta lah doa dari orang tua atau keluarga lainnya, karena restu orang tua sangat mujarab. Selain itu selalu bersikap yang sopan saat mendaki, ingatkan juga dengan lebih baik-baik kepada teman-teman untuk tetap bersikap sopan dan juga jaga tim anda agar selalu bersikap baik terhadap sesama.

Dan yang terakhir selalu ingat prinsip para pendaki gunung, untuk tidak mengambil apapun selain foto, meninggalkan apapun selain jejak dan tidak membunuh apaun kecuali waktu. Tentunya prinsip ini selalu di pegang teguh oleh para pendaki agar tetap menjaga kelestarian alam serta keharmonisan nya.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat juga membantu bagi kalian yang ingin mencoba dan menambah pengalaman baru liburan dengan cara mendaki gunung. Yang terpenting siapkan fisik yang kuat dengan cara berolah raga rutin dari jauh-jauh hari sebelum melakukan pendakian gunung, juga siap kan mental dan perbanyak gali informasi serta sharing kepada teman-teman yang sudah berpengalaman baik mendaki gunung. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini sampai akhir.

Post Author: eddye

Leave a Reply

Your email address will not be published.